Minggu, 07 Juni 2015

Peninggalan Kolonialisme yang Terlupakan


Sejarah Gedung Juang 45

Sejarah Lokal ini meruapakan sebuah ceriminan sebuah daerah dalam hal ini saya sebagai guru Sejarah akan memberikan sebuah pengetahuan mengenai sejarah Kota Serang yang terlupakan bahkan gedung peninggalan nya dialih fungsikan sebagai wahana hiburan .
Dalam hal ini generasi muda khususnya Siswa perlu mengetahui sejarah daerah peninggalan di Kota Tercinta kita ini .

A. Geohistoris
      Gedung juang ini terletak di Jalan Ki Mas Jong No 15 Kota Serang .
B. Detail Bangunan
      Bagunan ini menghadap ke utara dengan serambi muka menjorok kedepan ditopang oleh 9 buah pilar bergaya Tuscan bewarna putih .Dibagian muka terdapat dua pintu masuk dan empat buah jendela kaki bangunan berbentuk pondasi masif yang ditinggikan sekitar 50 cm dari permukaan tanah sehinga diperlukan beberapa anak tangga di bagian serambi.

Bagian dalam bangunan ini terdapat semacam jalan kecil (lorong) yang di kiri kanan nya terdapat ruangan-ruangan yang kini dijadikan sebagian ruang kerja . Dibagian belakang terdapat ruangan yang dijadikan sebagai dapur dan gudang. Atap bangunan berbentuk joglo dan memiliki sudut lancip ditengahnya dengan konstruksi kayu gentingnya terbuat dari tembikar warna coklat.

Sejarah Teater Pelita
A.Segi Geohistoris
Banguanan ini terletak di Daerah pasar lama Kota Serang,Bangunan ini menempati di salah satu sudut jalan sekunder .
B.Detail Bangunan
Bangunan ini sudah tidak terawat karena sudah lama tidak difungsikan .Pada saat pendataan ini dilakukan sedang dilaksanakan kagiatan pembagunan di bagian depan berupa penambahan bangunan baru.
Secara umum bangunan ini berdenah persegi panjang dengan arah hadap ke utara . Bagian muka bangunan berbentuk persegi empat dengan bagian kiri dan kanan lebih rendah sekitar 50 cm .Secara horizontal bagian muka bagunan ini terbagi kedalam 3 bagian ,bagian atas terdiri atas 2 lubang angin berbentuk jendela .Bagian kedua dibagi ke dalam 5 Petak berbentuk panil ,sementara bagian paling bawah terdapat bekas pintu masuk berupa gerbang lengkung sebanyak lima buah . Pada Tahun 2007 Theater Pelita sudah berubah total beralih menjadi kompleks pertokoan 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar